Info Terkini

Permalink to ‘Saya Kista Fungsional dan Suami Oligozoospermia’

‘Saya Kista Fungsional dan Suami Oligozoospermia’

Assalamualaikum…
Saya perempuan menikah berusia 25 tahun. Suami saya berusia 26 tahun. Kami sama-sama bekerja dan sibuk, terutama suami. Empat bulan pernikahan saya sempat hamil, tetapi kemudian keguguran karena janin tidak berkembang.

Sekarang usia pernikahan kami sudah 2 tahun. Selama itu kami terus berusaha ke dokter maupun alternatif (tidak lupa berdoa). Kami sudah ikut program kehamilan di dokter. Kata dokter, saya ada kista fungsional disebelah kanan yang berukuran kurang lebih 2.5cm.

Hid saya tidak teratur karena gangguan hormonal. Dokter sering memberikan saya obat Endometryl. Selain itu dokter juga mengatakan saya harus diet karena badan saya gemuk. Dan terakhir saya mengalami gatal-gatal disekitar luar vagina (apalagi menjelang haid). Mungkin karena jamur, soalnya dokter pernah memberikan obat nystatin neogynoxa.

Hasil lab sperma suami saya dinyatakan Oligozoospermia, dengan 50% sperma yang bergerak normal, dan sering diberi Tribestan. suami kadang-kadang merokok (jika bersama teman-temannya), dan kesibukannya yang sangat luar biasa.

Saya ingin sekali pergi ke klinik Jeng Ana langsung, tapi sangatlah jauh dari tempat tinggal. Tempat tinggal saya di Ngawi, Jawa Timur. Mengapa Klinik Jeng Ana tidak buka di Surabaya, atau Solo? Sehingga bisa lebih dekat dengan tempat tinggal saya.

Dengan berbagai kendala seperti itu, bagaimana kami bisa mendapat keturunan? Apa karena kesibukan suami saya yang menyebabkan spermanya hanya 50%? Apa obat herbal yang tepat atas keluhan diatas?
Terimakasih atas bantuannya.

dhaniasta

dhaniasta@rocketmail.com

JAWAB:

Wa’alaikum salam.

Kami akan menjawab satu per satu pertanyaan Ibu. Saat ini kami memang belum memiliki cabang di kota Surabaya ataupun Solo. Untuk kota Surabaya, saat ini kami baru pada tahap pengkajian untuk membuka klinik disana. Mudah-mudahan bisa terwujud dalam waktu tak lama lagi.

Tetapi jangan khawatir, meskipun Ibu tidak bisa datang ke klinik kami secara langsung, Ibu bisa memanfaatkan jasa konsultasi melalui email. Mungkin terasa kurang afdhol, tetapi sebenarnya obat yang kami berikan kepada pasien yang datang langsung atau hanya melalui email adalah sama saja. Tidak ada bedanya sama sekali. Juga mengenai petunjuk pantangan, pola makan dan gaya hidup yang harus diterapkan.

Mengenai pertanyaan tentang program kehamilan, Ibu sudah menjelaskan panjang lebar tentang apa yang sudah Anda lakukan. Anda mengatakan bahwa ada kista fungsional berukuran 2,5 cm.

Sebenarnya, penderita kista fungsional (kista folikel dan kista kista korpus luteum) masih memiliki peluang untuk bisa hamil. Kista ini tidak mengganggu dan akan hilang dengan sendirinya bersamaan dengan datangnya haid. Kista fungsional akan tumbuh setiap bulan dan akan pecah pada masa subur, untuk melepaskan sel telur yang pada waktunya siap dibuahi oleh sperma. Setelah pecah, kista fungsional akan menjadi kista folikuler dan akan hilang pada saat menstruasi.
Karena setiap perempuan memiliki dua indung telur, bila kista ditemukan disalah satu indung telur, maka masih ada indung telur yang lain untuk bisa hamil. Kista yang bisa menyebabkan tidak bisa hamil jika kista tersebut berubah menjadi kanker ovarium yang menyebabkan baik indung telur dan rahim harus diangkat.

Sedangkan mengenai ketidakteraturan haid, seperti Anda katakan memang umumnya karena gangguan hormonal, meskipun juga bisa karena sebab lain. Karena Anda melakukan program hormonal secara medis, maka sudah pasti dokter akan melakukan penanganan dengan menggunakan obat-obatan kimia. Sehingga jangan heran bila kemudian muncul efek-efek samping seperti Anda rasakan, misalnya gatal-gatal, alergi dan sebagainya.

Anda tidak menyebutkan apakah saat ini kondisi hormonal Anda sudah seimbang, dan apakah menstruasi Anda juga sudah lancar. Karena itu, menurut kami, bila Anda ingin melakukan pengobatan disini, kami sarankan untuk mengirimkan hasil uji lab/USG yang terbaru kepada kami, sebagai bahan buat kami untuk menentukan langkah apa yang mesti dilakukan untuk membantu terjadinya kehamilan.

Sedangkan mengenai suami Anda, yang menderita Oligozoospermia, memang bisa dikatakan sebagai salah satu penyebab sulitnya terhadi kehamilan. Secara medis, yang dimaksud dengan Oligozoospermia adalah suatu kondisi dimana jumlah sperma yang dihasilkan < 20 juta / ml cairan ejakulat. Normalnya jumlah sperma berkisar antara 20 juta / ml hingga 120 juta / ml.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi, diantaranya:

- Faktor genetik (kromosom)

- Suhu tinggi

- Kelainan organ reproduksi, saluran kemih dan hormon.

- Kurang nutrisi dan vitamin (vitamin C, selenium, zinc, folat)

- Kemoterapi, obesitas, merokok, alkohol, logam berat, dsb

- Faktor psikologis, misalnyatres, panik, depresi

- Faktor lingkungan, mislanya air yang tercemar

Rutinitas yang padat bisa jadi merupakan salah satu faktor yang memengaruhi secara tidak langsung melalui efek psikologinya. Namun masih terdapat faktor lain yang juga perlu digali labih lanjut.

Yang dapat anda lakukan saat ini adalah menghindari faktor-faktor di atas, termasuk nutrisi dan pola hidup sehat., tetapi dalam penanganannya tetap memrlukan bantuan ahlinya. Bila Anda memilih jalur herbal, tentunya harus melalui bantuan herbalis.

Dari penjelasan diatas, maka kesimpulannya kami sarankan untuk mengikuti program keturunan pasangan, yakni terapi buat suami dan istri. Karena itu, kami persilakan untuk mengirimkan hasil uji lab/USG/HSG istri dan juga hasil uji lab sperma sang suami kepada kami. Harus hasil uji lab terbaru. Setelah itu kami baru bisa menentukan jenis terapi dan ramuan herbal yang tepat bagi Anda.

Sekian terimakasih.

 

 


1 Comment to ‘Saya Kista Fungsional dan Suami Oligozoospermia’

  1. ami

    Assalamualaikum wr.wb
    saya ami di surabaya, sudah pernah operasi miom dan adenomiosis, sampai saat ini dari haid pertama sampai setelah selesai mens rasa sakit masih ada, saya amat sangat terganggu dengan rasa sakit yang amat sangat ini, saya lihat di internet banyak teman-teman yang sembuh dengan pengobatan alternatif Jeng Ana
    kapan ya Jeng Ana buka di surabaya, karena saya juga pengen terapi, kalau sudah buka di surabaya mohon saya dikabari
    terima kasih
    ami
    pin bb 270A9FF2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Index