Info Terkini

Permalink to Saya Ingin Hamil, Tapi Sel Telur Sulit Matang

Saya Ingin Hamil, Tapi Sel Telur Sulit Matang

Dengan Hormat,

Saya seorang ibu berumur 33 tahun mempunyai anak 1 umur 6,5th. Saya ingin memiliki anak ke-2, tetapi sampai saat ini belum juga hamil. Saya pernah melakukan kuretase pada tahun 2009 dikarenakan bayi yang ada dalam kandungan saat itu (umur 3 bulan ) dinyatakan bayi tidak berkembang.

Pada tahun 2010-an saya pernah melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan mengenai rahim saya. Hasilnya bagus saja tidak ada penyakit apapun yang menghawatirkan. Cuma kalau tidak salah dokter bilang bahwa kualitas sel telur saya belum matang. Jadi bila dibuahi pun tidak akan jadi. Apakah artinya saya kurang subur? Bagaimana caranya supaya saya bisa lekas hamil lagi karena saya sudah berharap punya momongan lagi.

Apakah saya bisa berkonsultasi lewat surat elektronik saja, dikarenakan saya tinggal di Banjarmasin. Bagaimana caranya supaya saya bisa mendapatkan ramuan herbal, tanpa harus datang ke klinik Jeng Ana langsung. Mohon saran dan balasannya.terima kasih.

Salam,

Jamilatu Rosidah

jamilatu.rosidah@yahooco.id

JAWAB:

Sel telur yang sulit matang dalam dunia medis disebut anovulasi. Penderita anovulasi biasanya mengalami haid seperti biasa, tetapi ovarium tidak melepaskan sel telur ke saluran tuba untuk dibuahi atau dikeluarkan ketika haid. Hal ini otomatis mengakibatkan wanita sulit hamil.

Ini berbeda dengan wanita yang memiliki ovulasi tidak teratur. Mereka masih memiliki kesempatan untuk hamil, karena mereka masih bisa berovulasi meskipun jarang terjadi.

Anovulasi bisa sulit di deteksi. Pada beberapa wanita bahkan haidnya sangat normal walaupun tidak ada ovulasinya. Paling sering wanita yang tidak berovulasi juga mengalami tidak haid (=amenorrhea), atau haidnya sedikit (=oligomenorrhea). Sehingga jika mengalami haid yang sedikit , singkat dan tanpa nyeri bisa menjadi alarm bagi wanita dan dokternya akan adanya siklus anovulasi.

Jika mengalami perdarahan antara siklus haid lebih dari 2-3 siklus haid, besar kemungkinan siklusnya anovulasi. Banyak siklus-siklus anovulasi ini berhubungan dengan perdarahan yang tidak teratur atau hiperplasia endometrium

Anovulasi umumnya disebabkan oleh gangguan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Hormon tubuh seperti estrogen dan progesteron membantu untuk memicu siklus reproduksi tubuh Anda, termasuk ovulasi (pelepasan sel telur yang telah matang) dan menstruasi.

Ada beberapa gangguan yang mengakibatkan ketidakseimbangan hormon yang akhirnya membuat sel telur sulit matang, antara lain:

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Yakni sindrom yang dapat mengakibatkan seorang wanita mengalami ketidaksemibangan hormon. Karena hormon dalam tubuh tidak seimbang, pelepasan sel telur pun terhambat karena sel telur sulit matang. Hal ini membuat haid menjadi tidak teratur dan menyebabkan ketidakseburan, sehingga membuat wanita sulit hamil. Sekitar 90 persen kasus anovulasi (sel telur sulit matang) disebabkan oleh PCOS dan biasanya terjadi secara turun-temurun.

Luteinised Unruptured Follicle Syndrome.

Dalam beberapa kasus, sel telur mungkin telah matang, namun folikel gagal untuk melepaskanya, sehingga sel telur tidak dapat dibuahi. Hal inilah yang disebut dengan Luteinised Unruptured Follicle Syndrome (LUFS).

Obesitas

Banyak studi yang menunjukan bahwa obesitas memiliki hubungan dengan anovulasi pada wanita. Obesitas atau kegemukan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang berpengaruh pada kesuburan wanita. Selain itu, kelebihan berat badan juga akan menimbulkan disfungsi ovarium.

Gangguan Makan.

Gangguan makan seperti anokresia atau bulmia dapat menggangu bahkan menghentikan siklus haid wanita. Tidak ada siklus haid, berarti tidak ada ovulasi. Tanpa ovulasi, wanita akan sulit hamil.

Faktor Usia.

Pertambahan usia dapat mempengaruhi jumlah pasokan sel telur yang dapat dihasilkan. Pertambahan usia juga membuat kesuburan wanita menurun. Hal ini mengakibatkan terganggunya siklus haid bulanan karena tidak adanya ovulasi.

Ovarian Hypofunction

Ovarian hypofunction merupakan penurunan fungsi dari ovarium, termasuk penurunan produksi hormon yang disebabkan oleh faktor genetik seperti kelainan kromosom ataupun fungsi ovarium normal. Hal ini akan menyebabkan wanita sulit hamil, karena ovarian hypofunction juga dapat menyebabkan sel telur sulit matang.

Stres

Stres dapat mempengaruhi kerja hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang berhubungan dengan sistem reproduksi. Hal ini menyebabkan gangguan pada siklus haid normal karena ovulasi menjadi tidak teratur. Sehingga jumlah sel telur yang belum matang pun meningkat.

Apakah anovolusi bisa diobati? InsyaAllah bisa. Dalam dunia medis, cara pengobatannya biasanya bervariasi tergantung penyebab dan faktor lainnya seperti usia dan riwayat medis. Lazimnya dokter memberi obat-obatan kimia untuk memicu terjadinya ovulasi, misalnya Clomiphene Citrate (Clomid) dan sejenisnya.

Bagaimana dengan obat herbal? InsyaAllah obat herbal justru lebih aman, karena tanpa efek samping yang bisa membahayakan.

Apakah pengobatan bisa dilakukan dari jarak jauh dengan konsultasi melalui email? Jawabnya bisa. Yang terpenting, kirimkan rekam medis yang sudah ibu lakukan atau hasil uji lab/USG/HSG terbaru yang sudah ibu lakukan. Bila belum punya, segera lakukan dan kemudian kirimkan kepada kami.

InsyaAllah selanjutnya kami akan mengupayakan solusi yang tepat untuk membantu program kehamilan yang ibu dan suami idam-idamkan. Terimakasih.

Tidak Ada Artikel Terkait Yang Ditemukan.


15 Comments to Saya Ingin Hamil, Tapi Sel Telur Sulit Matang

  1. Indahyanie

    Assalamualaikum jeng Ana, sy lahir 04 maret 1971…menikah bulan oktober 2010. Bulan mei 2011 sy hamil tetapi hanya bertahan sampai 9minggu karena keguguran dan dikuret, bulan desember 2011 sy hamil lagi tetapi hanya bertahan sampai bulan februari 2012 karena keguguran lagi dan dikuret utk kedua kalinya. Perkiraan dokter kemungkinan sy terkena virus tokso karena usia janin yang tidak bisa bertahan lama. Mohon kiranya petunjuk dari jeng ana, apa yang harus saya lakukan dengan pengobatan herbal. Terimakasih.
    Wassalam

  2. Dwie Astuti

    assalamu’alaikum wr.wb
    Maaf jeng ana, sy mw konsultasi..
    Sya brumur 26, sdah mnikah 2,5 th tp blm jg dkaruniai kturunan..
    Sy sudh ,mlkukan pmriksaan usg k dokter, tp kt dr tidak apa2 utk rahim..
    Cuman yg sy alami memang sejak msh gdis mgalami siklus haid yg tdk tratur selalu lmbat.. Bhkan smpe 3 blanan tdk haid. Kdang hrus selalu pakai obt pluruh haid..
    Apa sbnrny yg trjdi pd rahim sy jeng? Apa yg hrs sya lkukan? Apkh sy bsa hamil??
    Apa mungkin ada pnyumbatn pd slurn ovarium sy?
    Mhon solusinya jeng..
    Trimaksih.

  3. lily

    assalammualaikum..jeng ana saya ingin segera dapat momongan. karena saya sudah 2 tahun menikah blum dpt momongan. ada masalah dg suami saya yaitu ejakulasi dini, sudah pernah ke alternatif 1x tp tdk ada hasil sampai sekarang blum pernah periksa ke dokter. dan belakangan ini haid saya jg bermasalah sering telat 2-3 bln tdk haid.apa saya dan suami harus datang ke klinik jeng ana ikut program kehamilan?

  4. yuyun

    pagi jeng ana..aku sudah menikah 8 thn .dan blm mempunyai keturunan usiaku sudah 41 th,apa ad kemungkinan bisa hamil.karn baru aku diperiksa dan usg.bahwa telurnya banyak tapi kecil-kecil…bagaimana cara mengatasinya..supaya aku bisa hamil..mohon saran dan informasinya..

    terimakasi
    yyn

  5. intan ph

    Assalamualaikum jeng ana,,,sya sudah 1,5 th menikah tp sampai sekarang belum jg ada tanda2 hamil,,,tiap bulan sya selalu was was apakah sya telat atau tidak nyata nya sampai sekarang sya tdk pernah telat dan blum hamil.wkt itu sya dan suami pernah berobat ke dokter.suami sya punya varikokel sedangkan hormon progesteron sya kurang dari normal sehingga ovum tidak bisa matang…apakah suami dan saya bisa sembuh jeng ana?…..trmk

  6. maya

    saya mau tya jeng ana sya mnikah sudah 5thun tpi skali pun blum prnah mrasa kan hamil,kenapa y stiap bhubungan sperma suami sya slalu tumpah tdak mau msuk ktmpat sya dmna kah yg slah jeng ana?dan knapa haid sya slalu teratur pdahal pdahal sya pengen haid sya telat sapa tau sya hamil,apa kah ada solusi’y untuk msalah sya jeng ana?

  7. sdncimacan 1

    assalamualaikum jeng ana, suami saya penderita diabetes mellitus sudah 4 tahun. bagian kaki luka dan telah mengalami pembedahan sebanyak 3 kali dan telah kering seperti sediakala. namun 1,5 tahun terakhir suami hanya berbaring karena bagian kaki sampai pinggang tidak dapat digerakkan.dokter tidak memberikan diagnosa jelas, hanya katanya ada ganguuan di bagian ginjalnya. kondisi suami saya nafsu makan normal, namun tubuhnya semakin kurus karena tidak beraktifitas dan hanya terlentang karena untuk dudukpun tidak bisa. yang saya ingin tanyakan menurut jeng ana, kira2 penyakit apa yang diderita suami saya, dan untuk solusi penyembuhan saya minta saran jeng ana. terimakasih. wassalamualaikum wr.wb.

    • Wa’alaikumsalaam. Itu bisa jadi dikarenakan penyakit diabetesnya. Yg ditakutkan sudah metastase/penyebaran ke ginjal. Coba ibu periksakan dulu untuk fungsi ginjalnya.

      • icha

        assalm mu’alaikum jeng ana,,saya sdh 3thn menikah tp blm jg ada tanda2 kehamilan,,saya sdh periksa kdokter di usg jg hasilnya bagus tp terdapat penebalan endometrium, sudah beberapa kali saya mengalami keterlambatan datang bulan/HAID sampai 3 minggu.
        pertanyaan saya: apa solusinya agar tidak sering terlambat datang bulan. apa obat yang dapat melancarkan datang bulan?
        mohon dapat membantu saya agar saya dapat segera hamil, bagaimana cara saya mendapatkan obat herbal untuk menyuburkan kandungan saya.terimakasih..wassalam

  8. Sri Wahyuni

    Assalamualaikum jeng Ana..saya sudah 8 thn menikah tetapi belum sekalipun hamil, saya sudah periksa dari pemeriksaan dokter mengatakan ada sumbatan di mulut rahim saya, setelah dilakukan semprotan mulut rahim sudah terbuka dan ada sedikit sumbatan di tuba sebelah kiri..tetapi mengapa saya sering merasa nyeri sebelah kiri apalagi menjelang haid, apakah masih terjadi sumbatan? karena dokternya hanya menerangkan saja tanpa hasil tertulis..adakah herbal yg bisa saya konsumsi mengingat usia saya sudah 35 thn dan saya sangat mengharapkan kehadiran buah hati..untuk info sperma suami seringnya cair dan tidak banyak..saya sangat mengharapkan bantuan dari jeng ana, mengingat lokasi tinggal saya di Aceh..

  9. icha

    assalm mu’alaikum jeng ana,,saya sdh 3thn menikah tp blm jg ada tanda2 kehamilan,,saya sdh periksa kdokter di usg jg hasilnya bagus tp terdapat penebalan endometrium, sudah beberapa kali saya mengalami keterlambatan datang bulan/HAID sampai 3 minggu.
    pertanyaan saya: apa solusinya agar tidak sering terlambat datang bulan. apa obat yang dapat melancarkan datang bulan?
    mohon dapat membantu saya agar saya dapat segera hamil, bagaimana cara saya mendapatkan obat herbal untuk menyuburkan kandungan saya.terimakasih..wassalam

  10. ira

    assalammu alaikum jeng ana…sy mau minta alamat dan no telpon yg bisa dihubungi
    trimakasih

  11. Ridha purnama sari

    assalamualaikum wr. wb. jeng ana. saya skrg berumur 29 thn dan suami sy 35 thn. sy sdh 6 tahun menikah tapi blm sekalipun hamil. sy sdh sering periksa kedokter di USG hasilnya rahim sy bagus namun sy mengalami PCOs atau sel telur kecil-kecil dan sulit mateng. sy hanya diberikan obat diabetes dan penyubur tapi sampai saat ini haid sy jarang dan belum teratur. haid jarang klo gak diberikan obat untk haid sy gak haid. cepat merasa capek dan semua badan terasa pegal tp yg sering pegal didaerah punggung. sy sering merasakan nyeri didaerah pinggang dan panggul. hasil tes sperma suami saya therazorpermia.kata dokter anatominya tidak bagus dan sperma tidak ada yg berjalan lurus.
    pertanyaan sy gimana caranya supaya PCOs sy bisa sembuh haid menjadi teratur dan cepat hamil. mohon solusinya jeng ana. kira kira obat herbal apa yang sy dan suami sy minum dan gmn cara mendapatkannya? berapa harga obatnya apakah bisa dikirim krn sy berada di lombok NTB. mohon jawabanya dan terima kasih.

  12. dini

    Ass.wr.wb jeng Anan
    Sy Dini dari Bogor, usia sy 36 th, suami 41 th, kami baru menikah bulan Juni 2013, sy ingin sekali hamil,sempat kami ikut program hamil karena melihat faktor usia sy,tapi d wkt periksa doktre sy ada radang disaluran kearah rahim, diobati dan Alhamdulilah sdh sembuh, dan dipacu untuk pertumbuhan se telur, tapi sampai saat ini belum ada perkembangan, justru siklus haid sy malah tdk teratur,sempat sy mengalami haid hampir 28 hari dan darah yg keluar bnyk sekali, dokter tdk komentar hal tersebut cuma dinyatakan sel telur sy sdh berkembang baik. tapi sklus haid semakin parah setiap bulan cuma ada bercak dan itu cuma dua hari. Pertanyaan sy bagaimana dengan herbalnya Jeng Ana sy bisa cepet hamil, kami sangat mengharapkan momongan. Mohon Dibantu apa yg harus sy lakukan,ingin konsultasi , mohon di bantu > klinik yg di kalibata kaan sy bisa datang dan konsultasi dengan jenk ana. sebelumnya terimakasih. wss

  13. Toto

    assalamualaikum wr. wb. jeng ana. saya skrg berumur 41 thn dan istri sy 37 thn. sy sdh 7 bulan menikah tapi istri sy blm hamil. Karena faktor usia kami menjalankan program kehamilan, oleh dokter terdeteksi kena radang saluran rahim, dengan 3x pengobatan alhamdullilah istri saya sudah sembuh dari radang tersebut, dan oleh dokter diberi obat pemicu tumbuhnya sel telur, karena dokter melihat perkembangan sel telur istri saya kurang, tapi dengan pengobatan tersebut haid istri saya kurang lancar, selalu lebih dari waktu biasanya istri saya haid, pada bulan ke 3 proram kami istri saya haid selama hampir 28 hari dan itu keluar darah segar, kami berkonsultasi lagi dengan dokter, dokter mengatakan tidak apa2 justru perkembangan sel telur istri saya membaik, bulan ke 4, 5 , 6,7 istri saya haid 2 bulan sekali dan itu hanya bercak lamanya bercak selama 2 hari dan sampai detik ini kami belum mempunyai keturunan, tapi kondisi rahim istri saya baik. Mungkin dengan herbal jeng Ana dapat membantu kami untuk memiliki keturunan, apa yang harus kami lakukan, sebagai informasi kami tinggal di bogor. Mungkin ada juga kekurangan dari saya sebab dokter belum memeriksakan kondisi sperma saya, kami berdua bekerja.
    pertanyaan sy kapan kami bisa berkonsultasi dengan Jeng Anna ? mohon jawabanya dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Index