Info Terkini

Permalink to Rahim Terbalik dan Sperma Yang Loyo

Rahim Terbalik dan Sperma Yang Loyo

Assalamu’alaikum.

Jeng Ana, saya mau tanya. Saya sudah 3 tahun menikah dan belum dikaruniai keturunan. Setelah periksa ke dokter, katanya  istri saya kelainan rahim terbalik. Saya sendiri memiliki jumlah sperma yang cukup melimpah, tetapi bentuk morfologi sperma yg normal cuma sedikit. Kemudian gerakan sperma kebanyakan juga lambat alias loyo. Apa herbal yang cocok, dan berapa harganya? Terimakasih

Nur Wahid
nurwahidpendekar@gmail.com

JAWAB:

Wa’alaikum salam.

Rahim terbalik dalam dunia medis disebut dengan istilah retroflexy. Posisi rahim pada dasarnya terletak pada rongga panggul, kira-kira di belakang tulang kemaluan, berukuran kira-kira sebesar telur ayam negeri namun agak pipih. Berdasarkan survei, sekitar 70 persen arah rahim melengkung ke depan, ke arah kandung kemih (anteflexy). Posisi normal ini searah dengan datagnya sperma, sehingga mudah masuk ke rahim.

Sedangkan sekitar 30 persen posisi rahim arahnya ke belakang, ke arah saluran pelepasan (retroflexy). Inilah yang dimaksud dengan rahim terbalik. Posisi ini menyulitkan sperma untuk menjangkau rahim, namun bukan berarti tidak bisa. Sebab ketika berhubungan seksual dengan posisi pasangan pria diatas, pada saat ejakulasi, spermanya akan menggenang pada rongga vagina bagian belakang. Bila rahim mengarah ke belakang, leher rahim akan relatif menjauh dari tempat terkumpulnya sperma pada bagian belakang vagina. Terlebih lagi jika pergerakan spermanya kurang baik, mungkin akan mempersulit masuknya sperma ke dalam rahim.

Dulu arah rahim diyakini berpengaruh terhadap fertilitas (kesuburan). Namun akhir-akhir ini, keyakinan tersebut mulai ditinggakan, apalagi sejauh ini tidak pernah ada bukti bahwa seorang yang memiliki rahim terbalik itu sulit mengandung. Selain itu retroflexy dianggap sebagai varian dari arah rahim.

Jadi merupakan sesuatu hal yang normal. Selama tidak terkait dengan kelainan atau penyakit tertentu, arah rahim ke belakang diyakini tidak terkait dengan kesuburan.

Ada dua kategori dapat dinyatakan sebagai kelainan pada rahim, yakni kelainan bawaan  sejak lahir, seperti rahim dengan dua badan rahim (uterus bidelphis) dan rahim dengan dua tanduk (uterus bikornis), Kelainan kedua adalah diakibatkan oleh perkembangan suatu tumor jinak, misalnya mioma uteri. Kelainan pada rahim yang diakibatkan tumor merupakan kelainan yang didapat setelah seorang wanita memasuki masa reproduksinya atau dimulai sejak masa remaja dan mengalami pubertas.

Oleh karena letaknya berada di dalam tubuh dan tidak kasat mata, maka kelainan pada rahim tidak bisa diketahui tanpa dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Untuk memastikannya dapat dilakukan pemeriksaan fisik ginekologi seperti inspekkulo atau perabaan. Pemeriksaan penunjang lainnya adalah ultrasonografi (USG), baik abdominal maupun transvaginal serta pemeriksaan histerosalpingograpi (rontgen) dengan bantuan cairan khusus yang bisa tampak pada rontgen.

Pada umumnya kelainan bawaan pada rahim tidak menimbulkan gejala. Berbeda dengan tumor jinak, baru menimbulkan kelainan bila sudah berukuran besar. Dan jika tumor tumbuh ke arah rongga rahim akan menyebabkan perdarahan haid yang tidak normal.

Sedangkan retroflexy atau rahim terbalik sama sekali tidak mempengaruhi siklus haid. Sehingga bila ada pemilik rahim terbalik yang mengalami gangguan haid bisa dipastikan bukan karena rahim itu sendiri, melainkan karena ada masalah lain, misalnya ketidakseimbangan hormon, miom, dan sebagainya.

Jadi, seseorang yang memiliki kelainan arah rahim tidak perlu melakukan operasi untuk membuat rahim berada di posisi yang seharusnya. Karena kehamilan bagi perempuan dengan rahim model seperti ini diyakini tidak akan membahayakan kandungan.

Nah, kembali ke pertanyaan Anda, bila memang kondisi istri Anda normal dan hanya memiliki rahim terbalik, maka kemungkinan besar penyebab kesulitan hamil adalah pada sperma Anda. Apalagi perempuan dengan rahim retroflexy memerlukan sperma yang lebih lincah. Tetapi untuk memastikannya sebaiknya istri Anda melakukan pemeriksaan kembali kondisi kandungannya.

Karena itu saran kami sebaiknya Anda mengikuti program penyuburan. Akan lebih baik bila Anda bersama-sama istri Anda mengikuti program keturunan. IsyaAllah Tuhan segera memberi kesempatan Anda memiliki momongan.

 

 

Tidak Ada Artikel Terkait Yang Ditemukan.


1 Comment to Rahim Terbalik dan Sperma Yang Loyo

  1. Rudi

    Ass.kalau sperma encer apakah gbsa pnya ktrunan?trus apa solusinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Index