Info Terkini

Permalink to Mengapa dan Bagaimana Cara Atasi Gatal di Vagina?

Mengapa dan Bagaimana Cara Atasi Gatal di Vagina?

Munculnya gatal-gatal di bagian organ intim, vagina, tentunya sangat menyiksa. Bahkan konsentrasi bisa bubar gara-gara gangguan yang bisa terjadi tanpa kenal waktu ini.

Bila hal ini terjadi, sebaiknya jangan dipandang remeh. Segeralah diobati. Karena rasa gatal-gatal di vagina juga bisa merupakan pertanda adanya infeksi di organ intim Anda, apalagi bila disertai dengan rasa perih.

Salah satu pemicu rasa gatal pada vagina adalah karena jamur. Jamur ini bisa tumbuh karena Anda kurang menjaga kebersihan vagina. Sedangkan menurut seorang ginekolog, Mary Jane Minkin MD, banyak hal yang menyebabkan kondisi tersebut, misalnya fluktuasi hormonal, reaksi sabun, detergen, kondom atau pakaian dalam yang terlalu ketat dan terbuat dari bahan yang tak menyerap keringat.

Setiap selesai buang air kecil, pastikan vagina dalam keadaan kering terlebih dahulu sebelum Anda mengenakan pakaian dalam. Karena, suhu lembab bisa memicu perkembangbiakan jamur.

Penyebab lain dari rasa gatal pada vagina adalah bakteri. Untuk mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab gatal-gatal ini sebaiknya lakukan pemeriksaan laboratorium, sehingga langkah pengobatan yang dilakukan akan tepat.

Jika Anda mengalami rasa gatal pada vagina disertai rasa panas, kemerahan, berbau dan nyeri saat berhubungan seksual bisa jadi disebabkan oleh trichomonas. Trichomonas adalah protozoa yang tertular melalui hubungan seksual. Anda harus segera memeriksakan diri ke agar tidak semakin parah.

Untuk mencegah timbulnya rasa gatal selalu cukur rambut sekitar vagina secara teratur. Pastikan pakaian dalam yang Anda gunakan dalam keadaan bersih. Jika pakaian dalam terasa basah atau lembab, segera ganti dengan yang kering. Akan lebih baik jika Anda selalu membawa pakaian dalam cadangan dalam tas. Jadi, jika sewaktu-waktu terasa lembab, Anda bisa langsung menggantinya.

Selain itu, hindari penyebab terjadinya iritasi, seperti pembalut yang mengandung parfum, tisu yang berparfum serta sabun antibakteri. Bila ingin membasuh vagina dengan sabun, pilihlah sabun yang tidak mengandung parfum dan lembut.

Bagaimana cara mengobatinya? Tentunya sangat tergantung pada penyebab terjadinya gatal-gatal tersebut, sesuai dengan hasil pemeriksaan. Bila Anda berobat ke dokter, biasanya dokter akan memberi salep untuk dioleskan pada bagian yang gatal. Ini bila penyebab gatal itu adalah jamur. Sedangkan gatal-gatal yang terjadi karena bakteri, biasanya dokter memberi antibiotik.

Apakah penyakit ini bisa diobati dengan ramuan herbal? Sudah tentu bisa, karena sumber dari segala obat adalah flora dan fauna yang ada di alam ini. Banyak tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat ampuh sebagai pengobat gatal-gatal di vagina, baik untuk dikonsumsi (diminum ala jamu) ataupun sekedar dioleskan atau direndam.

Misalnya saja daun sirih, asam kawak, temu kunci, delima putih, sarang semut, dan banyak lagi lainnya.

Bagaimana caranya? Caranya juga beragam, tergantung herbal mana yang kita gunakan. Sebagai salah satu contoh yang sering digunakan masyarakat tradisional adalah kombinasi daun sirih dan temu kunci pepet.

Pertama-tama cuci kedua bahan ini sampai bersih, lalu rebus dengan segelas air dalam panci tertutup sampai mendidih. Tunggu sampai air rebusan itu hangat, lantas minumlah satu gelas, dua kali sehari selama seminggu.

Selain itu, sebagai ganti cairan atau sabun pembersih vagina, Anda juga bias menggunakan daun sirih. Caranya ambil 10 lembar daun sirih yang masih segar tapi cukup tua. Taruh daun sirih itu ke dalam sekitar 400 cc air di panci, dan campurkan satu sendok serbuk delima putih.

Rebuslah campuran tersebut sampai mendidih. Kemudian diamkan hasil rebusan tersebut sampai hangat. Nah, air hasil rebusan ini dikenal cukup ampuh untuk menjaga kebersihan vagina, misalnya dengan cara merendamkan vagina, cebok, ataupun sekedar disemprotkan saja. Sebagai catatan, semua alat-alat yang digunakan harus bersih dan steril.

 

Tidak Ada Artikel Terkait Yang Ditemukan.


16 Comments to Mengapa dan Bagaimana Cara Atasi Gatal di Vagina?

  1. Rudi

    Sperma encer n ejakulasi dini apakah gbsa pnya keturanan?gmana solusinya?

    • Masih bisa puya keturunan. Ikuti program keturunan

  2. soni

    assalamu’alaikum wr. wb.
    salam kenal…. saya menonton acara jeng ana di televisi mudah-mudahan ini jalan keluar dari Alloh SWT. Jeng, istri saya obesitas berat 105kg tinggi sekitar 165cm umur 33 thn. sudah lama menderita hipertensi dan baru-baru ini mengalami sakit di lutut nya. sudah ke dokter dan belum ada perbaikan signifikan. yg saya tanyakan bagaimana penanganan dan apa obatnya ? biasanya berapa lama dan berapa kali harus ke klinik jeng ana? bila berobat ke klinik jeng ana berapa biayanya? karena kami termasuk ekonomi pas-pasan. terima kasih

    • Untuk konsultasi yang lebih jauh dan mendetail, kami sarankan melalui email saja, jangan di komentar. Tks

  3. enok rady

    ass,,,wr wb. jeng kalau misalnya saya beli satu paket,,di jamin bisa sembuh dengan satu paket nggak?? terima kasih sebelumnya?

    • Yang bisa menjamin kesembuhan hanya Allah Pak. Tks

  4. rasyidin putra

    jeng ana saya ingin bertanya suami saya sudah lama terkena penyakit ambean dan sudah stadium tinggi kata dokter jalan satu-satunya harus dioperasi apa dengan ramuan herbal dari jeng ana suami saya bisa disembuhkan? dan apa yang harus dilakukan suami saya untuk sementara ini? apakah ada larangan yang harus dijauhi?

  5. santi rosyanti

    ass……sebelumnya saya mhn maf,jeng ana saya mau nanya gmn cara menghilangkan warna hitam di selangkang?warna hitam ini asalnya dari gatal gatal atu jmur…..terimakasih .saya tunggu balasnnya

  6. saya sudah bercerai dengan suami saya,dan saya menikah lagi.penikahan saya sudah 11 tahun,tapi blm punya anak.saya cek ke dokter teryata saya ada kista 3 cm,sperma suami saya bagus.padalah saya sudah punya punya anak dari suami yg pertama.jen ana saya pingin anak lagi,apa solusi nya………………………..

    TERIMA KASIH

  7. asep

    Assalamualaikum Wr.Wb punten ibu saya mau nanya, punten di buah zakar saya ada benjolan kalo lg terasa teh suka pegel dari ujung kaki ke ujung paha itu kenapa ya bu terusdi tempat ibu ada pengobatannya gk? maaf sudah mengganggu mudah2an balasannya cepat sampai. hatur nuhun bu. Assalamualaikum Wr.Wb.

  8. ida

    jeng..saya mau tanya gimana cara nya menghilangkan gatal di daerah Miss V…ini mengganggu aktivitas saya
    dan juga menghilangkan warna hitam di daerah selangkangan

    Terima kasih,

  9. nina

    saya mau tanya,om saya punya penyakit diabetes,batu ginjal dan trombositnya tinggi.umurnya 43 tahun berat badan 60 kg.Karena trombositnya tinggi,maka dokter tidak berani untuk operasi,kata dokter suruh menurunkan trombositnya,setelah ke dokter trombosit turun tetpi nanti kalau sudah tidak minum obat akan tinggi kembali.dan juga dibagian telapak kaki sering terasa nyeri,panas,dan terkadang mati rasa.
    Bagaimana ya Jeng,cara penyembuhannya,saya mohon bantuannya.
    Terima kasih

  10. lisa

    assalamualaikum wr.wb………..jeng saya mau nanya saya baru melahirkan beberapa hari yang lalu tapi sekarang kok miss v and selangkangan saya terasa gatal kira2 apa ya obatnya…..???

  11. eka adekayanti

    Assalamu’alaikum wr.wb….
    jeng saya mau tanya, bagaimana menghilangkan keputihan(+gatal) yg sudah lama ,saya sudah berusaha berobat ke dokter tp gak mau sembuh juga..
    terima kasih…

  12. dian utami

    assalam mualaikum wr…wb jeng ana sy mau tanya sudah lama d selakangan d paha saya gatal d sertai bentol 2 d jg timbul kyk kadas yg awalnya kecil d terus melebar rasanya sangat gatal sy sudah k dokter tp gak mau sembuh2 mhn bantuannya apa ramuan herbalnya…

  13. Ass…jeng ana saya mempunyai adik di vonis dokter mengidap kanker paru-paru stadium 4 pertanyaanya apakah masih bisa disembukan dengan herbal? sementara adik saya ini sdh opname di RS apakah jeng ana bisa mengobatinya?apakah pasiennya harus ikut jg. sementara pasiennya berada di medan. apakah dengan cara lain bisa tanpa ikut si pasien. tlg informasinya sblm dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih,Wassallam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *

Index