Tag Archives: ‘Endometriosis Indung Telur


Permalink to ‘Endometriosis Indung Telur, Sakit Hingga Ulu Hati’

‘Endometriosis Indung Telur, Sakit Hingga Ulu Hati’

Assalammu’alaikum Wr.Wb.

Sebelumnya saya sampaikan salam silaturrahmi kepada Jeng Ana untuk berkonsultasi seputar program hamil. Saya Yani, umur 30 tahun, domisili di kota Malang, menikah 2,5 tahun belum dikarunia momongan.

Sebelumnya saya sampaikan terlebih dahulu riwayat tentang saya. Tujuh bulan menjalani program hamil di dr SpOG. Tiga kali tes USG transvaginal menunjukkan hasil endometriosis indung telur sebelah kanan, tapi ukurannya kecil. Posisi rahim saya retro. Siklus menstruasi saya lancar tanpa disertai rasa sakit yang berlebihan ketika menstruasi. Wajar rasa sakit cuma sehari saja ketika haid. Sebelumnya darah menstruasi yang keluar tidak banyak dan kadang berwarna coklat.

Tahapan program hamil selanjutnya bulan februari 2012 menjalani semprot rahim (Hidrotubasi). Alhamdulillah. darah menstruasi tidak berwarna coklat yang keluar banyak, tiga hari berturut-turut setiap siklus menstruasi.

Tahapan selanjutnya saya minum obat penyubur hormon. Ketiga kalinya resep dari dr. SpOG, tetapi ada salah satu resep obat tersebut yang saya minum dan efeknya saya merasa kesakitan di bagian ulu ati sampai lambung. Saya kira lambung saya gangguan, sehingga saya coba minum promag, agak berkurang sakitnya. Akhirnya obat saya hentikan.

Kemudian saya coba minum lagi obat tersebut bulan depannya setelah selesai menstruasi menjelang masa subur. Dan ternyata rasa kesakitan yang sama kembali saya alami. Akhirnya obat itu benar-benar saya hentikan. Dan sudah dua bulan saya tidak konsultasi lagi ke dokter tersebut karena trauma takut sakit lagi minum obat kandungan yang kimia.

Melalui surat via email ini saya ingin lebih lanjut berkonsultasi dengan Jeng Ana untuk solusi problem saya melalui ramuan herbal Jeng Ana. Demikian, saya mohon dengan sangat solusi jawaban dari Jeng Ana.Terimakasih banyak sebelum dan sesudahnya atas jawaban dari Klinik Herbal Jeng Ana.

Wassalammu’alaikum Wr.Wb.

Nur Yani

yani_gemini82@yahoo.com

JAWAB:

Wa’alaikum salam Wr. Wb.

Dari cerita Anda, mengenai hasil tes USG Transvaginal tentunya kecil kemungkinannya salah. Kecuali kalau dokter yang membacanya salah menerjemahkan hasil uji lab tersebut. Tetapi rasanya untuk dokter yang berpengalaman tidak mungkin melakukan kesalahan seperti itu.

Jadi, menurut penilaian kami, sangat besar kemungkinan Anda memang mengalami Endometriosis indung telur atau Endometriosis Ovary. Apalagi gejala-gejala yang Anda rasakan juga mengarah pada adanya penyakit tersebut. Misalnya rasa sakit saat haid seperti Anda sebutkan. Dan yang jelas, penyakit kewanitaan yang satu ini juga sangat mempengaruhi kemampuan untuk hamil.

Sebelum menanggapi keluhan Anda yang lain, sebaiknya kita mengenal dulu apa yang dimaksud dengan Endometriosis Ovary. Endometriosis merupakan sebuah kondisi kelainan yang terdapat pada lapisan yang berfungsi melingungi rongga kehamilan (endometrium). Dalam kondisi normal endometrium berada pada rongga rahim, namun pada kasus endometriosis, endemetrium tumbuh di luar rahim.
Nah, lokasi endometriosis sering terjadi pada organ-organ seperti indung telur, usus, kandung kemih dan dalam kondisi tertentu terjadi pada seluruh daerah panggul. Sedangkan dalam kasus Anda, lokasinya berada di indung telur atau ovarium.

Jadi, ketidaknormalan endometrium tidak disebabkan oleh sifat jaringannya, tetapi disebabkan oleh letaknya yang berada di luar rahim perempuan. Pada perempuan yang tidak sedang hamil, haid akan membuang endometrium dan pada saat kehamilan, endometrium menjadi sebagai salah satu bahan makananan bagi sang janin.

Meskipun Endometriosis tidak termasuk ke dalam golongan penyakit mematikan, namun penyakit ini tidak bisa dianggap remeh. Mengapa? Karena dampaknya bisa mengganggu kesuburan wanita serta dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Tanda umum Endometriosis lainnya adalah susahnya mendapat keturunan. Hal ini disebabkan karena endometriosis dapat merusak struktur organ reproduksi wanita. Kerusakan struktur organ reproduksi terjadi jika endometriosis tumbuh di sekitar indung telur (ovarium). Jaringan endometriosis di tempat itu bisa mengeluarkan bercak-bercak lengket dan menyumbat saluran yang menghubungkannya dengan rahim (tuba fallopi), sehingga sperma yang masuk tidak mencapai indung telur.

Lebih jelasnya, gejala-gejala umum penderita Endometriosis adalah sebagai berikut:
- Pada sat menstruasi, perut akan terasa nyeri, kadang diikuti oleh kejang-kejang di otot perut.
- Jika akan duduk, sakit akan terasa pada pinggang.
- Bagian panggul akan terasa nyeri, di daerah belakang dan samping panggul.
- Jika pernah mengalami sakit maag, maka gejala endomteriosis akan mirip saat sakit perut ketika mengalami maag.
- Saat buang air besar, terasa sakit pada daerah anus dan sekitarnya.
- Ada kecenderungan alat kelamin menebal.
- Sebelum tiba siklus haid, di dahului oleh munculnya bercak merah.
- Pada saat berhubungan, akan terasa sakit.
- Pada saat haid berlangsung, jumlah darah yang keluar berlimpah.

Dalam kondisi penderita yang sudah kronis, endometriosis bisa menyebar hingga ke otak dan paru-paru. Pada fase ini, penderita bisa mengalami pengempisan paru-paru dan mengalami kejang setiap kali haid.

Lantas apa yang menyebabkan Endometriosis? Hingga kini penyebabnya belum diketahui secara pasti. Salah satu pendapat menyatakan, bahwa terjadi aliran balik serpihan endometrium ke indung telur ketika haid terjadi. Selanjutnya aliran balik tersebut masuk ke dalam rongga panggul, sehingga menjadi penyerang (agresor) bagi selaput lendir perut (peritoneum). Jadi, arus balik endometrium tersebut kemudian menjadi semacam benalu yang dapat menyusuk (implant) pada indung telur dan daerah sekitarnya. Proses ini dapat terus tumbuh berkembang.

Pendapat lainnya menyebutkan bahwa jaringan endometrium itu berpindah melalui pembuluh darah menuju ke berbagai tempat atau organ tubuh dan kemudian melekat dan bertumbuh. Selain itu diduga pula ada faktor bawaan (herediter) atau keturunan dalam keluarga untuk berbakat mempunyai komponen sel yang menjadi endometriosis tetapi ini tidak ada hubungannya dengan kanker (tumor ganas).

Perlu diketahui pula, di wilayah-wilayah yang mengalami pencemaran lingkungan cukup tinggi, kasus endometriosis terus meningkat. Penelitian di Amerika dan Belgia menduga, lingkungan yang tercemar (polusi kendaraan bermotor dan pembakaran limbah plastik) dapat pemicu terjadinya endometriosis.

Mengenai posisi rahim Anda yang retro sebenarnya tidak terlalu berpengarih pada kemampuan untuk hamil. Meskipun posisi rahim retroflexi terbalik atau mengarah ke belakang, namun sejumlah penelitian menunjukkan bahwa tidak banyak pengaruhnya pada proses kehamilan.

Selanjutnya seperti yang Anda ceritakan, Anda melakukan Hidrotubasi sehingga haid lancar dan darah tidak lagi berwarna coklat. Sekedar diketahui, Hidrotubasi adalah pemeriksaan untuk menilai kelancaran (patensi) saluran telur (tuba Falloppii), dengan cara memasukkan cairan (larutan obat) dengan alat hidrotubator melalui vagina, mulut rahim (porsio), saluran leher rahim (kanalis servikalis), rongga rahim (kavum uterus), dan menuju ke saluran telur.

Dasar pemeriksaan ini adalah bahwa cairan dapat melewati kedua saluran telur dengan baik bilamana tidak ada sumbatan di saluran telur. Jika terdapat penciutan (spasme) atau sumbatan parsial (sebagian) maka tekanan cairan akan meningkat tetapi masih dapat masuk, sedangkan jika terdapat sumbatan total (oklusi) maka tekanan cairan akan menjadi maksimal (berat) sehingga cairan terhalang masuk dan akan tumpah (membalik kembali).

Jadi, wajar bila tindakan tersebut kemudian memperbaiki haid Anda. Tetapi bila Endometriosis tidak juga tertangani, maka proses kehamilan tetap sulit terjadi.

Kemudian Anda juga mengeluh kesakitan luar biasa hingga ke ulu hati ketika mengkonsumsi obat penyubur hormon yang diberi dokter. Menurut kami, hal ini kemungkinan besar karena reaksi obat kimia tersebut yang tidak bisa diterima oleh kondisi fisik Anda. Karena banyak kasus pasien kami yang juga mengalami hal serupa dengan yang Anda alami.

Lantas, apakah penyakit yang Anda alami ini bisa disembuhkan dengan herbal? InsyaAllah bisa, dan bahkan keinginan Anda mendapatkan keturunan akhirnya juga bisa terkabulkan. Kami memiliki program khusus masalah kewanitaan dan problem kehamilan.

Sebaiknya datang saja langsung ke klinik dengan membawa rekam medis, hasil uji lab/USG/HSG terbaru. Bila tidak bisa datang, kirimkan saja via email untuk pemesanan obat. Khusus untuk hari Sabtu dan Minggu, bila Anda mau datang langsung ke klinik pusat di Jakarta, sebaiknya mendaftar sehari atau beberapa hari sebelumnya langsung ke klinik agar kebagian nmr antrean. Tks

 

Index