Info Terkini

Permalink to Cemas Berlebihan, Sesak Napas, dan Asam Lambung Naik

Cemas Berlebihan, Sesak Napas, dan Asam Lambung Naik

Salam,

Langsung saja, sudah 1 tahun lalu saya kena serangan GERD (gas asam lambung naik ke kerongkongan) yang berakibat sesak napas, jantung berdebar, cemas berlebihan (ketika serangan terjadi). Karena sudah berobat dan pakai obat dokter itu-itu saja (inpepsa, omeprazole, ranitidin ) tidak juga sembuh. Terakhir di USG ada sedikit besar di empedu dan hati (mungkin jadi radang karena gasnya naik terus), saya dikasih Curliv (curcuma), tetapi tidak juga teratasi.

Akhirnya saya terapi, di terapis ini diagnosanya justru karena saluran getah bening saya kacau, larinya kena ke pencernaan. Setelah terapi, agak mendingan untuk sakit cemasnya ( karena lama kelamaan yang sakit itu di kepala belakang, leher, persis dimana saluran getah bening ke otak berada, yang saya tahu setiap organ tubuh ada getah beningnya yang salurannya berbeda dengan darah).

Saya juga terus barengin ke dokter internis. Akhirnya saya di endoscopy. Hasilnya, ada luka sedikit di lambung, tapi tidak ada ditemukan bakteri H.Pylori.
Sakit ini terus saya pelajari, karena mengganggu sekali. Tubuh jadi lemas, panas dingin kalo kumat. Jika literatur kedokteran, saya menemukan ini jenis nya sakit Psikomatik (maag stres). Karena itu saya coba pakai penenang. Dan ternyata jika pakai penenang agak mendingan. Saya pakai obat antistres lambung (librax atau braxidin) ini membantu sekali, tetapi saya tidak mau ketergantungan dengan obat kimia.

Ohya, dulu sebelum terkena GERD, saya di bagian sendi tangan dan betis kaki sering terasa pegal yang sangat tidak nyaman hingga saat ini. Mungkin karena sering konsumsi obat pegal-pegal sehingga lambung luka, disamping stres yang berkepanjangan karena pekerjaan dan fikiran yang diluar nalar (inilah yang disebut oleh terapis saya sebagai getah bening), dan pola makan yang tidak bagus, pemikirannya melampaui apa yang belum terjadi.

Ohya, saat ini pola makan saya teratur, tidak merokok, tidak minum kopi, dan semua pantangan sudah saya turuti. Kesimpulannya: saya sakit fisik dan psikis. Pertanyaan saya: obat herbal apa yg cocok di Jeng Ana. Tanaman obat apa yang cocok buat saya sebagai obat? Mohon jawabannya. Terimakasih.
Salam

Indra
andra.tiara@yahoo.co.id

JAWAB:

GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) merupakan merupakan gangguan saluran cerna bagian atas yang terjadi karena adanya aliran balik secara spontan dari isi lambung ke kerongkongan. Banyak faktor yang memicunaiknya asam lambung ke kekerongkongan.

Fakta menunjukkan, semakin bertambahnya usia seseorang, kekuatan otot cincin pada perbatasan kerongkongan dengan lambung melemah, sehingga cairan lambung mudah naik ke kerongkongan.Tekanan tinggi pada lambung juga bisa disebabkan oleh kegemukan. Seseorang yang gemuk ketiika tidur terlentang sehabis makan mengakibatkan tekanan dilambung meningkat sehingga makanan dari lambung bisa naik ke kerongkongan.

Penderita penyakit ini biasanya mengalami gejala-gejala diantaranya:
– Rasa seperti terbakar di bagian belakang tulang dada (heartburn)
– Nyeri ulu hati dan dada,
– Naiknya aliran asam ke ke rongga mulut, mirip maag
– Sulit menelan
– Sering sendawa
– Batuk kronis, terutama dimalam hari
– Radang tenggorokan.

Penderita GERD memang sangat terganggu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Bahkan untuk bersosialisasi, baik dengan keluarga, kerabat atau teman pun tidak bisa bebas. Mengapa? Karena gejala GERD biasanya terasa saat makan dan setelah makan.
Tidur pun tak nyenyak. Menurut survey, hampir 80 persen penderita penyakit ini sulit tidur karena gejala GERD menggangu kualitas tidur dan menyebabkan rasa lelah keesokan harinya. Bahkan, hubungan seksual juga bisa terganggu, karena penderita menjadi kurang bergairah.

Selain itu, seperti yang Anda alami, GERD juga bisa mengakibatkan sesak napas. Hal ini dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, dll.

Lantas bagaimana dengan gangguan cemas atau panik yang Anda alami, apakah juga karena GERD? Menurut sejumlah penelitian, yang terjadi justru sebaliknya, bahwa baik kecemasan atau depresi berhubungan dengan risiko dua sampai empat kali lipat dari penyakit GERD.

Beberapa peneliti percaya bahwa bahan kimia otak yang disebut cholecystokinin (CCK), yang telah dikaitkan dengan panik dan gangguan pencernaan, mungkin memainkan peran dalam timbulnya GERD pada orang dengan gangguan kecemasan. Faktor lain yang memungkinkan dan berkontribusi adalah ketika orang cemas mereka cenderung memicu atau memperburuk refluks asam lambung ke kerongkongan.

Bagaimana cara menyembuhkannya? Seperti diungkapkan tadi bahwa kecemasan dan depresi bisa memperberat penyakit GERD sampai beberapa kali lipat. Karena itu, penyembuhan GERD tidak cukup hanya dilakukan dengan mengobati penyakitnya, tetapi juga penanganan kejiwaannya. Hal ini agar penyembuhan penyakit ini bisa berjalan efektif dan maksimal.

Bila tidak dilakukan, dikhawatirkan GERD justru makin parah, sehingga refluks asam lambung dapat menyebabkan peradangan lapisan esofagus yang akan mengakibatkan kesulitan menelan, nyeri dada kronis, dan bahkan dapat menyebabkan kanker kerongkongan.

Bagi penderita GERD disarankan menghindari rokok, makanan berlemak, asam, pedas, teh, cokelat, kopi, kedu, dan sejumlah makanan lainnya. Cokelat dan keju, misalnya, berpengaruh karena dapat menyebabkan pengosongan lambung menjadi lebih lambat sehingga merangsang dan mempercepat naiknya asam lambung.

Apakah penyakit ini bisa disembuhkan dengan herbal? Tentu saja bisa. Tuhan telah menyediakan berbagai jenis obat-obatan di alam semesta ini untuk semua jenis penyakit yang diturunkannya. Banyak jenis tanaman yang tepat untuk mengobatinya. Misalnya kunyit, lidah buaya, meniran dan sebagainya untuk menurunkan asam lambung. Sedangkan daun waru dan daun pepaya, misalnya untuk pencernaan. Dan banyak lagi jenis herbal yang bisa dipergunakan. Tetapi kami memiliki ramuan khusus yang merupakan kombinasi berbagai jenis herbal dalam dosis tertentu, sesuai dengan hasil uji lab, untuk pengobatan penyakit ini. Karena itu rekam medis atau hasil uji lab sangat penting dalam pengobatan herbal di klinik kami. Terimakasih.

 

 


25 Comments to Cemas Berlebihan, Sesak Napas, dan Asam Lambung Naik

  1. PETER

    Selamat Siang.
    Saya Seorang Laki2. Umur 33 tahun. Saya alami hal seperti yang ditulis di atas sudah masuk bulan ke 10. sudah banyak internist yang saya kunjungi tapi hasilnya belum maksimal.
    Tolong, bagaimana saya bisa memperoleh ramuan herbalnya…dan saya musi konsumsi berapa lama biar sembuh total. Terima Kasih.

  2. Niken

    Selamat pagi,

    Ibu saya mengalami penyakit mirip seperti yang dijelaskan diatas, untuk obat herbalnya yang ada di jeng ana apa yach??
    Bisa dijawab via email saya dan bagaimana cara pemesanannya
    terimakasih

    Wassalam

  3. indri

    Assalamu alaikum wr.wb jeng ana,,
    Saya ibu rmh tangga berusia 27 thn dan suami 31 thn,,kami sdh menikah selama hampir 6 thn tp blm dikarunia anak,menurut dokter,suami saya menderita azoospermia yaitu tidak adanya sperma yang keluar saat berhubungn,cuma ada air mani saja,,dokter menyarankan untuk melakukan bayi tabung,tapi kami masih ingin mencoba secara alami,makanya saya ingin mencoba pengobatan jeeng ana,saya berdomisili dibalikpapan,apakah bisa berobat tanpa harus datang ketempat jeng ana..trerima kasih sebelumnya

  4. wong baru

    saya penderita kecemasan berlebih, sdh hampir satu tahun ini kehidupan saya berubah total jadi penakut dan kehilangan gairah hidup.. saya belum menikah usia 29tahun.. sebelumnya saya orang yang sangat aktif dan mempunyai cita-cita yang tinggi namun stelah terkena serangan penyakit ini saya seperti lumpuh total dalam menjalani kehidupan.. apakah ada pengobatan ang bisa membantu mempernaiki kualitas hidup saya… terima kasih

  5. irma yunita

    selamat siang
    saya irma umur 17 tahun saya sudah menderita penyakit yg sudah dijelaskan diatas selama 2 tahun, penyakit ini sangat mengganggu kehidupan saya terutama dalam sekolah saya menjadi tidak konsentrasi dalam belajar apalagi skrng saya naik kls 3 SMA takut mengganggu UN nnti, tlong kirimkan lewat email bagaimana cara memesan ramuan diatas terimakasih.

  6. erma dwi adriani

    asalamualaikum jeng ana saya punya riwayat alergi debu dan udara serta asma.sudah 5 tahun telinga saya berdenging terus,bahkan saya sempat mengalami suara yang saya dengar sangat kecil dan hampir tak mendengar,terapi apapun sudah saya jalani.terakhir profesor dokter ahli tht yang memeriksa saya hanya menjelaskan penurunan pendengaran,sebab tidak ada luka atau apapun maksudnya semua bagus dari mulai gendang telinga ataupun tidak adanya cairan dan luka.tapi sampai sekarang pendengaran saya masih kurang jelas dan berdenging terus.mohon jawaban dari jeng ana terimakasih, wasalam.

  7. karmila

    sudah hampir 2 bln sya mengalami susah nelan dokter blng asam lambung radang tenggorokan,,,,tpi yg sya jdi stres lidah sya jendol” kecil dan di ujung lidah terasa perih busi bengkak dan sariawan,,, apa smua itu akibat dari asam lambung,,,, apakah ada obat herbal nya,,,,

  8. Lanang Farandi

    Asallamu’alaikum wr. Wb.
    Untuk penyakit kanker hati stadium 3 apakah masih ada harapan untuk sembuh,
    Terima kasih sebelumnya,

  9. Selamat malam, langsung sj ya .. Istri sy mengalami penyakit yg persis spt yg disebutkan diatas ( asam lambung dan sesak nafas ) tolong donk dikasi tau obatnya apa krn penyakit ini sangat mengganggu kehidupan kami sekeluarga. Terima kasih sebelumnya.

  10. intane Jun Pyo

    Assalamualaikum Wr Wb,

    Jeng Anna, saya berusia 33 th, belakangan ini saya sering mengalami nyeri pada kaki dan tangan saya tetapi yg saya rasakan pada aliran darah, 2 hari lalu saya Medical Check Up dan ternyata ada Polip pada Empedu saya sudah berukuran 0,22 cm. Menurut Dokter itu akkibat dari makanan berlemak dan santan. Dan itu termasuk jenis Tumor bukan Ganas.Apakah ada obat herbalnya Jeng Anna? karena nyeri nya sangat mengganggu aktivitas saya sehari-hari.

    Trims Sebelumnya
    Best Regards

  11. henny

    aslkm..gmn cara pmesanan herbal tuk penyakit spt d atas?mhn dbls k email sy..

  12. Tarwin

    Dear Jeng Ana,

    Saya mengalami gejala yang mirip dengan gejala yang dijelaskan diatas ( Cemas berlebihan, sesak napas, nyeri pada ulu hati ) bagaimana tahapannya kalau saya berobat ke klinik herbal jeng Ana ?
    Dan ada satu lagi dari hasil USG bahwa pada ginjal sebelah kanan ada sesuatu yang numbuh ( istilah medisnya saya lupa ) dengan ukuran kurang lebih 1 cm
    mohon petunjuknya juga seperti apa ?
    dan mohon info biayanya juga.
    Kalau berkenan, untuk jawabannya lewat email saja.

    Terima kasih atas feedbacknya.

    Salam,
    Tarwin

  13. Assalamualaikum jeng ana,
    Saya mau tanya,mama saya mengeluh sakit pada ulu hati nya,dan mencoba d periksa ternyata bengkak pada ulu hati,jika ingin mengikuti terapi di jengg ana,gimana ya jeng??ingin nmengikuti terapi jeng ana di tempat jeng ana di surya,bls di email ya jeng,terimakasih sebelumnya o:)

  14. Nabilla

    Ass. Jeng Anna sy mau tanya untuk penyakit yang saya derita hampir mirip dengan penyakit di atas GRED bahkan lebih parah, hasil lab ronsen, Ekg, dan CT SCANT abdomen dan toraxs, smua organ paru, jantung,hati , ginjal tak ada masalah, hanya saja ada bakteri salmonela atau (tivoid), apapun yg sy konsumsi perut sy sakit. Sudah bermacam obt bahkan ramuan herbal seperti kunyit, temu lawak. Kunyit putih, daun sembung, daun sambiloto,jus kulit manggis. Juga rebusan air sarang semut, namun tetap tak bisa menyembuhkan penyakit sy, pertanyaan saya apakah ada obt herbal untuk sy dan apakah sy bisa memesan obt tersebut? Karna fisik sy yg terlalu lemah untuk datang ke klinik jeng Anna. Trima kasih…

  15. M. Nashruddin

    Yth. Jeng Anna

    Selamat Sore
    Saya Seorang Laki2. Umur 26 tahun. Saya alami hal seperti yang ditulis di atas (Gejala GERD) hampir sudah 1 tahun lebih. Sudah banyak internist / Dr. Sp.PD dari berbagai Rumah Sakit yang saya kunjungi tapi hasilnya belum maksimal. Dan saya termasuk yg memiliki kecemasan berlebih, sdh hampir satu tahun ini kehidupan saya berubah total jadi penakut dan kehilangan gairah hidup.. karna sebelumnya saya seorang yg aktif.
    Tolong, bagaimana saya bisa memperoleh ramuan herbalnya…dan saya harus konsumsi berapa lama biar sembuh total.
    Bisa dijawab via email saya dan bagaimana cara pemesanannya. Terima Kasih.

  16. Merdyanto

    Dear Jeng Ana,

    Saya laki laki berumur 30 tahun, seperti teman teman diatas saya pun mengalami hal sama..
    Saya mengalami hal tersebut sudah 4 bulan, pada awalnya saya merasakan panas di leher sebelah kanan, akan tetapi terjadi hanya sekali dalam jangka waktu 1 bulan, bulan berikut terjadi lagi yang ke 2, bulan berikut terjadi lagi yang ke 3, setelah kejadian yang ke 3 saya malah terjadi setiap hari sampai kurang lebih 2-8 kali sehari.
    Saya sudah ke Dokter SP Internist, SP Syaraf dan CT Scan, berbagai macam obat sudah saya minum tetapi masih saja terjadi.
    Mohon informasi dimana saya bisa dapatkan obat Herbal Jeng Ana.
    Mohon dibalas ke email saya ..

    Terimakasih

    Hormat saya
    Merdy

  17. Assalamualaikum, Jeng Anna yang terhormat
    problem penyakit yang diderita istri saya sekarang divonis dokter ahli penyakit dalam Gagal Ginjal
    dan sekarang sudah mengalami Cuci Darah (Hemodialisis) dan menurut eksekusi Dokter ahli tidak dapat
    disembuhkan, untuk itu saya minta jalan keluar pengobatan dari Jeng Anna ,untuk pengobatan herbal penyakit
    Yang dialami Istri saya,
    alamat :saya Perumahan reni jaya lama blok E15 no.14 Pondok petir bojongsari depok, dekat dengan Pamulang Tangsel.
    untuk itu saya lihat di jadwal Ditangerang tanggal 25 maret ada di Tangerang
    mohon tanggapan dari team pengobatan dan Jeng Anna Sendiri,mohon maaf atas bantuan penjelasan dan
    konsultasi kami tunggu jawabannya,

    Wassalam

    Hormat saya

    Soekarno Dhanupoyo
    Suami dari Penderita tersebut diatas
    Mobile :0813 807 230 88

  18. imam mursyid

    salam kenal mohon srn obat untuk skt GERDkrn istri sy udah 2 bln skt ini udah klr msk rmh skt tp blm sbh jg,jd obat herbal apa yg hrs sy bl dan bgmn cara blnya krn sy tingal jauh disangata trimakasih sblmnya.

  19. yulia

    Dear jeng Ana,
    Saya juga mengalami gangguan cemas dan maag akut. saya ingin berobat ke Jeng Ana tapi saya terbentur jarak yang jauh. untuk itu saya ingin pesan obat saja. mohon diinfokan lewat email, jenis pemeriksaan apa saja yang dibutuhkan untuk penyakit saya ini?

    terima kasih.

  20. lisa

    Yth bu ana
    Bu usia saya 27 thun dan kejadian sama sperti diatas bhkan seperti ada lendir ditenggorrokkan,sesak nafas,pusink dan streez yg membuat saya jadi pesimis jlni hidup dan sudah tdk semangat lagi,mohon di reply

  21. rina

    siang jeng ana,
    melihat penjelasan diatas dan juga beberapa pengalaman temen, saya juga mengalami hal serupa, bahkan selama 3 bulan terakhir ini sering masuk RS dan praktek internist gastro, saya mohon untuk dkabari cara pengobatan dan obatny, thx

  22. ruri

    Dear bu,
    Saya sudah 1.5 thn menderita penyakit seperti artikel diatas, saya sudah brobat dengan dokter selama ini, namun sakitnya tidak sembuh….hanya mengurangi dan kambuh lagi…mohon bantuannya

  23. RULY

    anak saya berumur 1 tahun, sejak lahir sudah di vonis ada kelainan pada jantung dan penyempitan paru2 nya, dan sejak lahir per 3 bln selalu periksa ke rs harapan kita, saat ini dokter meminta untuk melakukan kateterisasi jantung dan pemasangan baloon untuk penyangga paru2 yang menyempit, apakah bisa disembuhkan tanpa dilakukan kateterisasi ?mohon jawabanbya, terima kasih

  24. Yulia

    saya juga mengalami hal yang serupa, bahkan perut terasa panas dan kadang dada juga terasa panas, punggung bagian belakang terasa seperti ditikan tikan kecil, kadang naik ke kepala, merasa tidak nyaman pada bagian kepala, pada sisi pelipis mata terkadang terasa seperti ada yang memijat naik ke atas dan turun kebawah
    Mohon bantuannya bagaimana caranya saya dapat memesan obat tradisionalnya, karena lewat medis tidak membuahkan hasil.
    terima kasih

  25. adi

    Penyakit yg saya derita hampir mirip yg diatas…mohon informasi cara pemesanan obat dari ibu ana..terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

Index