Info Terkini

Permalink to ‘Apakah Azoospermia Suami Saya Bisa Disembuhkan?’

‘Apakah Azoospermia Suami Saya Bisa Disembuhkan?’

Assalamu’alaikum.
Jeng Ana yang selalu di Rahmati Allah Subhanahuwata’ala. Saya berusia 30 tahun dan menikah sudah 4 tahun. Sampai saat ini blm hamil. Suami saya usia 30 tahun dan bekerja di pedalaman kalimantan. Frekuensi bertemu suami sekitar 2-3 bulan sekali dengan lama waktu bertemu maksimal 1 minggu.

Saya dan suami sudah periksa kesehatan ke dokter spesialis kandungan. Saya dinyatakan sehat. Tapi suami saya dinyatakan terkena “azoospermia” setelah dilakukan pemeriksaan sperma.

Dan saya mempunyai riwayat haid tidak lancar, siklus bisa sampai lebih 40 hari. Dan pernah telat haid saat awal menikah (telat 2 bulan). Setelah itu saya haid dan keluar gumpalan berwarna merah keabu-abuan sebesar telur puyuh. Apakah saat itu saya hamil dan  keguguran? Karena saat telat haid, saya tes pack hasilnya “negatif” selama 3 minggu berturut-turut.

Saya juga sudah di USG, kandungan dan transvaginal. Menurut dokter spesialis kandungan saat saya konsultasi, beliau mengatakan itu hal biasa karena siklus haid saya panjang.
Yang ingin saya tanyakan, apakah penyakit “azoospermia” suami saya bisa disembuhkan? Dan apa saja makanan yang harus kami hindari atau kami konsumsi agar bisa memperoleh keturunan? Apa ramuan herbal untuk pasien azoospermia?
Terimakasih banyak sebelumnya.
Wassalamu’alaikum.

 

yoel_tirsya@yahoo.com

 JAWAB:

Wa’alaikum salam.

Mengenai gumpalan sebesar telur puyuh yang keluar setelah Ibu terlambat haid, menurut dugaan kami bukanlah keguguran. Apalagi Anda sudah melakukan tes pack dan hasilnya negatif. Besar kemungkinan darah itu adalah darah kotor. Apalagi, misalnya Anda habis meminum obat atau ramuan pelancar haid.

Ketidaklancaran haid biasanya terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Dalam banyak kasus, hal ini juga bisa mempengaruhi tingkat kesuburan untuk bisa memiliki keturunan.

Sedangkan tentang suami Anda memang harus menjalani terapi atau pengobatan. Azoospermia adalah keadaan dimana cairan sperma tidak mengandung sel sperma atau Spermatozoid/spermatozoa. Orang Jawa biasanya menyebut sperma gabuk alias tidak berisi.

Umumnya penyakit ini sangat sulit dideteksi. Karena, bukan hanya tidak bisa dilihat secara kasat mata, tetapi juga nyaris tidak ada gejala apapun yang menunjukkan bahwa seseorang menderita Azoospermia. Jadi, hanya pemeriksaan laboratorium yang bisa mengetahui apakah seseorang menderita Azoospermia atau tidak.

Lantas, apa yang menyebabkan penyakit ini? Ada beberapa kemungkinan, diantaranya karena kerusakan pada pabrik sperma (testis). Bisa juga disebabkan oleh sumbatan pada saluran keluar sperma (jenis obstruktif). Atau mungkin juga karena varikokel, misalnya, gangguan yang bersifat primer pada testis (primary tersticular failure).
Ada dua jenis Azoospermia. Pertama, tipe Obstruksi, yakni sumbatan pada saluran atau gangguan ejakulasi. Jenis kedua adalah Non-Obstruksi, yakni Azoospermia yang terjadi karena faktor hormonal atau kelainan pada testis/ buah zakar.

Apakah penyakit ini bisa disembuhkan? InsyaAllah suami Anda bisa sembuh dan mampu menjalankan tugasnya dalam reproduksi. Langkah pertama yang perlu suami Anda lakukan adalah pemeriksaan laboratorium untuk memastikan kondisi sperma, kondisi hormon, kemungkinan adanya penyumbatan pada saluran ejakulasi.

Bagaimana pengobatannya? Bila Anda berobat ke dokter, biasanya diberikan antibiotik, dan bahkan ada juga yang sampai menempuh cara operasi untuk memperbaiki saluran yang tersumbat.

Sedangkan pengobatan di klinik kami 100 persen mengandalkan ramuan herbal. Kami akan menggunakan kombinasi sejumlah herbal untuk mengobati sumber masalah yang menyebabkan Azoospermia pada suami Anda.

Banyak macam obat dari alam yang bisa digunakan, misalnya daun pegagan, batang brotowali, daun karnukus, daun sambiloto, buah kapri dan sebagainya. Kombinasi atau racikan berbagai herbal itu akan disesuaikan dengan kondisi suami Anda sesuai dengan hasil uji lab.

 


7 Comments to ‘Apakah Azoospermia Suami Saya Bisa Disembuhkan?’

  1. dwi astuti

    sy 25 thn suami 32thn kami sudah menikah 4thn dari hasil pemeriksaan suami azzospermia hasil pemeriksaan LAB vikositas rendah(cair) sperma azzospermia, hasil pemeriksaan hormon LH 3.39 FSH 4.81 prolactin 8.04 testosteron 200 nilai normal 300-1.060 sudah pernah operasi varicocel tetapi sperma tetap azzospermia. sedangkan sy pernah di hsg dan di hidro alhmdulilah tuba/rahim sy sudah terbuka, apakah ada ramuan herbal ato therapi untuk menyebuhkan suami sy kami sangat mendambakan keturunan cz dari medis kami disarankan untuk bayi tabung…

  2. dwi astiti

    sy 25thn suami 32thn sudah 4thn menikah belum dikaruniai keturunan suami pernah cek lab sperma vikositas rendah (cair) sperma kosong(azzospermia) LH 3.39 FSH 481 PROLACTIN 8,04 Testosteron 200 nilai normal 300-1060, suami pernah di operasi varikokel tetapi tdk ada perubahan sedangkan sy pernah bi hsg hasilnya rahim/tuba tersumbat dua2anya kemudian di hidro hasilnya rahim terbuka dua2nya, siklus haid sy sering mundur 5-7 hari, jenis obat herbal yg bisa untuk kasus azzopermia suami sy seperti apa? kami sangat mendamkan keturunan

  3. nurul

    assalamu’alaikum wr. wb
    Jeng ana, perkenalkan nama saya nurul usia 25 tahun. setahun yang lalu saya melakukan terminasi pada usia kehamilan 17 minggu, dan efek dari terminasi tersebut saya mengalami infeksi saluran indung telur ( bernanah ) dan hampir setahun belum kunjung sembuh.
    yang ingin saya tanyakan :
    1. bagaimana penyembuhan supaya lekas sembuh?
    2. haruskah kita beristirahat total? dikarenakan saya selalu sakit setelah beraktifitas
    3. bolehkan jika infeksi belum sembuh saya hamil?

  4. dayat

    assalamu’alaikum wr. wb
    Istri Saya terdapat benjolan di sebelah kiri bahu dekat leher.benjolannya masih kecil.
    walaupun begitu sekarang istri saya sering terserang sakit kepala sebelah.Sampai sejauh ini Istri saya blm periksa ke dokter,hanya minum jamu sacara tradisional,Sebelumya Almarhum Adiknya juga terserang penyakit yg sama,yg kemudian di periksa ke dokter.hasilnya adalah kelenjar getah bening bermasalah.Setelah diambil Sample Oleh dokter yg menanganinya Benjolan itu begitu cepat membesar.Itu sebanya Istri Saya takut pergi KeDokter.Apakah Klinik Jeng Ane menerima Pasean yg blm berkonsultasi ke Dokter ? Atas Jawabannya Saya Ucapkan terimaksih……

  5. doni

    brp harga ramuan herbal jeng ana utk orang yg azoospermia

  6. juspitri sitorus

    kalau di bandung alamat kliniknya di mana dan brapa harga ramuan herbal utk orang yg azoospermia.
    trimakasih banyak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *

Index